Artikel & Berita

Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Penyebab Keputihan pada Ibu Hamil

Saat hamil, leher rahim dan dinding vagina menjadi lebih lunak dari biasanya, sehingga tubuh secara otomatis mengirimkan lebih banyak aliran darah dan memproduksi lebih banyak cairan vagina atau lendir untuk melindungi bagian ini. Produksi lendir yang lebih banyak ini juga turut dipengaruhi oleh tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh ibu hamil.

Tips Mencegah Keputihan karena Infeksi Saat Hamil

1. Selalu cuci tangan


Biasakan untuk mencuci tangan dengan benar sebelum atau sesudah menyentuh area organ intim. Ini penting dilakukan untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri ke dalam vagina.

 

2. Bersihkan organ intim dengan cara yang benar

Setelah buang air besar atau buang air kecil, bersihkan organ intim menggunakan air dengan cara yang tepat. Dahulukan membersihkan vagina lalu anus untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina. Jika dirasa sudah bersih, keringkan menggunakan handuk atau tisu yang lembut agar vagina tetap kering dan terjaga kelembapannya.

 

3. Hindari hal-hal berikut

Dalam membersihkan organ intim, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan sabun yang mengandung parfum, terutama bila Anda memiliki kulit yang sensitif. Selain itu, hindari pula melakukan vaginal douche atau terlalu sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan.

Hal-hal tersebut dapat mengacaukan pH dan keseimbangan bakteri baik pada vagina. Apabila keseimbangan bakteri baik tidak terjaga dengan baik, risiko untuk terkena infeksi vagina akan semakin besar.

 

4. Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Pakaian dalam dari bahan katun yang longgar dapat menjadi pilihan ibu hamil. Selain itu, disarankan untuk mengganti pakaian dalam lebih sering dari biasanya, terutama jika keputihan sedang banyak. Ini dilakukan agar area organ intim Anda tetap kering dan bersih.

Keputihan saat hamil bisa terjadi pada setiap ibu hamil dan termasuk hal yang normal, kecuali bila keluhannya sudah mulai mengganggu. Jika cara mengatasi keputihan saat hamil seperti di atas tidak meringankan keluhan Anda, konsultasikanlah kepada dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Scroll to Top